Program Bantuan Finansial Bagi Social Enterprise Indonesia

Setelah pembahasan mengenai dukungan finansial bagi wirausaha sosial (social enterprise) dari berbagai pihak. Kini akan dibahas tentang program bantuan finansial bagi social enterprise Indonesia tersebut. Lebih jelasnya bisa baca sampai habis artikel ini.

Program Bantuan Finansial Bagi Social Enterprise Indonesia

Program Bantuan Finansial Bagi Social Enterprise Indonesia

Berikut ini berbagai sumber dukungan dan bantuan finansial bagi social enterprise indonesia :

1. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
Nama Program Gerakan Kewirausahaan Nasional. Dana bergulir melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).
Deskripsi Program Kompetisi perencanaan bisnis yang kreatif dan inovatif. Pemenang akan memperoleh bantuan modal usaha hingga Rp 25.000.000. Pinjaman dan pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan KUMKM, melalui lembaga payung seperti koperasi dan perusahaan modal ventura.
Situs www.spiritgkn.com www.danabergulir.com
2. Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi
Nama Program Hibah Pengabdian Masyarakat.
Deskripsi Program Fasilitas dana hibah untuk kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang dapat diakses oleh dosen perguruan tinggi dengan mengajak mahasiswa atau mitra masyarakat. Skema hibah yang tersedia beragam. Hibah maksimal Rp 50 juta untuk kegiatan yang pelaksana utamanya adalah dosen; sementara jika pelaksana utama adalah dosen dengan mitra (masyarakat, pemerintah, atau perusahaan) bisa mencapai Rp 250 juta.
Situs http://simlitabmas.dikti.go.id/
3. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan RI (LPDP)
Nama Program Bantuan Dana Riset Inovatif-Produktif.
Deskripsi Program Dana yang dapat diakses melalui jalur ini berjumlah sampai dengan Rp 2 miliar dan dapat bersifat multiyear. Dana ini dapat dimanfaatkan oleh social entrepreneur pemula yang masih dalam tahap pengujian produk, approach (metode), atau teknologi produksi.
Situs http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/wp-content/uploads/2013/09/Pedoman-Riset-Inovatif-Produktif-RISPRO.pdf
4. BUMN
Nama Program Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.
Deskripsi Program Pinjaman lunak untuk pengembangan usaha kecil dan bantuan sosial untuk peningkatan kesejahteraan sosial dan lingkungan.
Situs www.pkblonline.com
5. DBS Indonesia
Nama Program Social Venture Challenge Asia Social Enterprise Advancement Grant Programme.
Deskripsi Program Kompetisi business plan untuk memecahkan masalah sosial di Asia. Selain pendampingan dan pelatihan, pemenang akan memperoleh hadiah dengan total senilai SGD150.000. Fasilitas dana hibah untuk mendukung akselerasi pengembangan skala usaha social enterprise. Setiap proposal yang layak dapat mengakses dana antara USD50.000 – 100.000.
Situs * **

*http://socialventurechallenge.asia/competition/
**http://www.dbs.com/dbsfoundation/grant-programme/default.page

6. Ashoka Foundation
Nama Program Deskripsi Program Situs
Ashoka Fellow Program untuk mengidentifikasi, memilih, dan mendukung wirausahawan sosial terkemuka. http://indonesia.ashoka.org/venture-dan-fellowship
Young Changemakers Program untuk memilih anak muda berusia 12 – 25 tahun yang telah mengembangkan gagasan sosial bagi masyarakat, menunjukkan dampak perubahan sosial, serta memiliki applied empathy, leadership, dan teamwork. http://indonesia.ashoka.org/young-changemakers
Changemakers Program ini mengumpulkan dan menghubungkan para agen perubahan (changemakers) berpotensi, gagasan mereka, dan sumber daya melalui tantangan online kolaboratif dan mitra jejaring. http://indonesia.ashoka.org/changemakers
7. The British Council
Nama Program Deskripsi Program Situs
Diageo-British Council Social Enterprise Challenge for Arts, Creative & Tourism Organisations. Pengembangan komunitas kewirausahaan dalam industri kreatif. Bisnis model terbaik akan memperoleh dana sebesar Rp150 juta. *
Community Entrepreneurs Challenge. Kompetisi ini bertujuan menolong para wirausahawan yang memiliki ide brilian untuk membantu komunitas mereka. Kompetisi ini berhasil memilih 17 community enterprise terbaik dan memberikan dana sebesar Rp2.286.000.000 (GBP127.000). **
Community Journalism Competition. Kompetisi untuk mengidentifikasi dan meningkatkan awareness terhadap social enterprise. Kompetisi ini menawarkan berbagai hadiah menarik bagi semua pesertanya. Hadiah bagi pemenang utama bernilai hingga Rp50 juta. ***
NGO Transformation to Social Enterprise. Program yang memberikan pelatihan untuk menstimulasi lembaga swadaya masyarakat untuk menjadi social enterprise. ****

*http://www.britishcouncil.or.id/en/programmes/society/social-entrepreneurs/diageo-british-council-call-application
**http://www.britishcouncil.or.id/en/programmes/society/social-entrepreneurs/community-entrepreneurs- challenge
***http://www. britishcouncil.or.id/en/programmes/society/social-entrepreneurs/community-journalism-competition
****http://www.britishcouncil.or.id/en/programmes/society/social- entrepreneurs/transformation-social-enterprise

8. Kinara
Nama Program Submit Your Business.
Deskripsi Program Kinara menyediakan dukungan pembiayaan, pendampingan dalam proses manajemen keuangan, perluasan saluran distribusi networking.
Situs http://kinaraindonesia.com/
9. ANGIN
Nama Program ANGIN Fund.
Deskripsi Program Memberikan pendanaan yang dapat dimanfaatkan pemula untuk perluasan investasi, kegiatan operasional, atau untuk membeli peralatan usaha. Pendanaan mayoritas berupa penyertaan modal (ekuitas) dengan besaran Rp500 juta sampai Rp1 miliar.
Situs http://www.gepi.co/angin/
10. Dompet Dhuafa
Nama Program Grant Making Proposal Program “Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Komunitas Usaha Mikro”.
Deskripsi Program Menyalurkan dana sosial kepada masyarakat/ komunitas sasaran melalui program pemberdayaan bagi komunitas pelaku usaha mikro di perdesaan yang memberikan dampak sosial dan ekonomi secara berkelanjutan. Dana dimulai dari Rp1 juta sampai Rp250 juta.
Situs http://www.dompetdhuafa.org/gmp/makingproposal
11. KitaBisa
Nama Program Portal Crowd Funding (dana gotong royong atau patungan) untuk proyek-proyek sosial.
Deskripsi Program Masyarakat dapat memublikasikan proyek sosialnya dan menggalang dana patungan sesuai dengan dana yang ditargetkan. Proyek terbesar yang berhasil menggalang dana melalui portal ini adalah Proyek #SaveMaster (Masjid Terminal – Depok), yaitu sebesar Rp137 juta.
Situs www.kitabisa.com
12. UnLtd Indonesia
Nama Program Unltd Indonesia Support Program.
Deskripsi Program Program pendampingan teknis dan fasilitasi keuangan bagi wirausaha sosial yang lolos seleksi. Dana hibah yang difasilitasi bisa mencapai USD1.500 per usaha sosial, sedangkan dana berupa pinjaman lunak bisa mencapai USD3.000 per usaha sosial.
Situs http://unltd-indonesia.org/open-application-unltd-indonesia-support-program-ii/
13. Yayasan Syamsi Dhuha
Nama Program Anugerah Jawara Wirausaha Sosial Bandung.
Deskripsi Program Program kompetisi tingkat Jawa Barat yang menyeleksi sekitar 50 semi-finalis SE untuk mendapatkan pelatihan model bisnis dan teknik presentasi. Lalu 12 finalis yang terseleksi akan difasilitasi dengan mentoring, ekspos media, investasi awal, serta akses untuk memperluas jejaring kepada investor sosial yang lebih besar.
Situs

Sekian info perihal Program Bantuan Finansial Bagi Social Enterprise Indonesia, kami harap artikel ini bermanfaat untuk sahabat semua. Mohon artikel ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *