Institusi Penyedia Dukungan Finansial di Indonesia

Ada berbagai pihak atau institusi yang bisa dijadikan sumber penyedia dana sebagai dukungan finansial bagi wirausaha sosial. Pada kesempatan ini kami akan membahas beberapa institusi penyedia dukungan finansial di Indonesia bagi wirausaha sosial.

Institusi Penyedia Dukungan Finansial di Indonesia

Institusi Penyedia Dukungan Finansial di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa di antara institusi penyedia dukungan finansial tersebut.

  1. Pemerintah
  2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  3. Perusahaan Swasta
  4. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
  5. Impact dan Angel Investor
  6. Lembaga Inkubator Bisnis
  7. Social Enterprise Lainnya

Namun di postingan ini tidak dibahas semua hanya beberapa saja. Institusi lainnya akan dibahas di postingan selanjutnya.

Dukungan Finansial dari Perusahaan Swasta

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (Pasal 74) mewajibkan perusahaan di Indonesia untuk melakukan Corporate Social Responsibility (CSR). Secara lebih spesifik, ayat 1 Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa perseroan yang menjalankan usahanya di bidang dan atau berkaitan dengan sumber daya alam, dikenai kewajiban untuk melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan.

Untuk itu, banyak sekali perusahaan yang menyalurkan dana CSR-nya dengan memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari program CSR yang dijalankan. Beberapa perusahaan bahkan menggandeng social enterprise untuk memastikan dana CSR yang mereka salurkan benar-benar dapat diawasi dampak sosialnya.

Sebagai contoh, Dompet Dhuafa melaksanakan kerja sama selama lima tahun dengan PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP), sebuah perusahaan eksplorasi asal Thailand, untuk melaksanakan tugas menyiapkan dan mengelola pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Contoh lain adalah Greeneration Indonesia, social enterprise di bidang lingkungan, yang bekerja sama dengan PT Bank DBS Indonesia untuk melakukan edukasi pengolahan sampah ke beberapa Sekolah Menengah Atas di Bekasi, dan mengimplementasikan manajemen pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Dukungan Finansial dari Lembaga Inkubator Bisnis

Saat ini Indonesia baru memiliki satu lembaga yang merupakan inkubator bisnis khusus social enterprise. Lembaga itu adalah UnLtd Indonesia (www.unltd-indonesia.org). Setiap tahun Unltd Indonesia membuka kesempatan bagi wirausaha sosial pemula untuk menjadi peserta program inkubasi mereka yang terdiri dari pelatihan, pendampingan (mentorship), perluasan jejaring melalui berbagai sesi sharing yang rutin diadakan, serta fasilitasi dana hibah, pinjaman lunak, dan penanaman modal.

Dukungan dana yang bisa difasilitasi oleh Unltd Indonesia sendiri bisa sampai sekitar Rp 35 juta. Dengan adanya jejaring yang dimiliki Unltd Indonesia, peserta program yang potensial dapat difasilitasi untuk bertemu dengan para angel investor yang sesuai.

Dukungan Finansial dari Social Enterprise Lainnya

Seorang social entrepreneur juga dapat memperoleh bantuan dari sesamanya. Misalnya BMT Beringharjo di Yogyakarta yang mendapat modal awal dari dana ZISWAF sebesar satu juta rupiah dari Dompet Dhuafa pada tahun 1994. Pada tahun 2015 ini jumlah modal mereka sudah mencapai Rp 102 miliar. Hingga kini Baitul Mal Beringharjo masih menjadi mitra penyaluran dana ZISWAF dari Dompet Dhuafa untuk kegiatan sosial BMT tersebut.

Indonesia saat ini juga memiliki social enterprise berupa platform crowd funding (dana gotong-royong) untuk mendukung proyek-proyek sosial, yaitu www.kitabisa.com. Platform ini juga dapat menjadi media penggalangan dana bagi wirausaha sosial pemula, serta menjadi media yang baik untuk menguji atau memvalidasi konsep usaha yang dirancang, apakah sudah cukup baik atau belum. Konsep yang baik pada umumnya akan mendapat respons positif dari pendukung dan berhasil mencapai target penggalangan dananya.

Demikian informasi tentang institusi penyedia dukungan finansial di Indonesia, semoga postingan ini bermanfaat buat sahabat semua. Tolong postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *