Dukungan Pemerintah Inggris bagi Social Enterprise

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan mengenai dukungan pemerintah inggris bagi social enterprise. Sejak tahun 1990-an social enterprise sudah mendapatkan pengakuan sebagai sebuah sektor usaha tersendiri. Social enterprise disebut sebagai sektor ketiga (the third sector) yang posisinya terletak di antara pemerintah dan swasta.

Dukungan Pemerintah Inggris bagi Social Enterprise

Dukungan Pemerintah Inggris bagi Social Enterprise

Pada tahun 2002 Pemerintah Inggris meluncurkan kebijakan Social Enterprise Strategy dan mendirikan Social Enterprise Unit (SenU) di bawah Departemen Perdagangan dan Industri. Unit tersebut bertugas

  • sebagai koordinator pelaksanaan strategi yang sudah ditetapkan pemerintah,
  • mengoordinasikan pihak-pihak yang terkait dengan sektor usaha sosial,
  • mengidentifikasi isu-isu yang dihadapi, dan
  • memberikan rekomendasi untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi tumbuh kembangnya wirausaha sosial.

SenU juga ditugaskan secara khusus untuk menemukan bentuk perusahaan baru yang mendukung perkembangan wirausaha sosial.

Kemudian pada tahun 2004 Pemerintah Inggris menerbitkan undang-undang tentang perusahaan dan menambahkan sebuah bentuk perusahaan atau entitas legal baru yang dinamakan community interest companies. Bentuk perusahaan baru ini dilengkapi dengan peraturan dan ketentuan yang sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan usaha-usaha sosial.

Wujud dukungan Pemerintah Inggris pada social enterprise semakin terlihat pada tahun 2006 ketika pemerintah membentuk sebuah kementerian khusus yaitu Kementerian Urusan Sektor Ketiga (The Office of the Third Sector, OTS).

Melalui kementerian ini, Pemerintah Inggris mendorong kewirausahaan sosial melalui berbagai kegiatan yang mencakup pemberian penghargaan, pemberian akses pada pembiayaan, serta dukungan bisnis bagi lembaga tersebut. Hasilnya, social enterprise menjadi komponen yang signifikan bagi perekonomian Inggris. Pada tahun 2009 sektor ini mempekerjakan 650.000 orang dan menyumbangkan £8,4 miliar bagi perekonomian Inggris.

Kementrian Masyarakat Sipil

Pada tahun 2010 Pemerintah Inggris mengubah nama kementerian tersebut menjadi Kementerian Masyarakat Sipil atau The Office of Civil Society, dan penggunaan istilah third sector diubah menjadi civil society atau big society. Pada bulan April 2012, Perdana Menteri Inggris David Cameron meluncurkan Big Society Capital (BSC), sebuah lembaga investasi sosial pertama dunia dengan dana sebesar £600 juta yang mengemban misi untuk membangun pasar investasi sosial.

Lembaga ini bertindak sebagai grosir investasi sosial. Artinya, BSC tidak langsung berinvestasi pada usaha sosial, tetapi pada lembaga perantara investasi sosial. Lembaga perantara inilah yang menyediakan dukungan finansial bagi usaha sosial. BSC mendapatkan dananya dari:

  1. Dormant account atau rekening bank yang tidak aktif dan dikumpulkan di Reclaim Fund Ltd.
  2. Investasi dari empat bank besar Inggris yaitu Barclays, HSBC, Lloyds Banking Group, dan RBS masing-masing sebesar £50 juta.

Sekian informasi mengenai dukungan pemerintah inggris bagi social enterprise, kami harap postingan ini berguna untuk kawan-kawan semua. Kami berharap postingan ini dibagikan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *