Dukungan Finansial dari Impact dan Angel Investor

Pembahasan kita kali ini yaitu dukungan finansial dari impact dan angel investor. Sumber dana yang mungkin tergolong baru di Indonesia adalah impact investor. Impact investing sendiri adalah bagian dari investasi bertanggung jawab sosial (socially responsible investing).

Dukungan Finansial dari Impact dan Angel Investor

Dukungan Finansial dari Impact dan Angel Investor

Jika investasi bertanggung jawab sosial mengacu pada investasi untuk menghindari pengaruh negatif, maka impact investing secara spesifik mengacu pada investasi yang secara aktif memberikan dampak positif. Oleh karena berbentuk investasi, maka bantuan dana dari impact investor bersifat penanaman modal untuk mendukung bisnis yang memiliki dampak sosial yang positif, seperti perusahaan teknologi bersih.

Hingga saat ini, jumlah perusahaan yang tergolong impact investor di Indonesia masih sangat terbatas. Yang tergolong lembaga pionir adalah Kinara Indonesia yang didirikan pada tahun 2011 dan berbasis di Jakarta. Kinara berfokus pada perusahaan yang masih berada dalam tahap awal pengembangan namun terbukti dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Kinara tidak hanya menyediakan dukungan pembiayaan, tetapi juga memberikan coaching, pendampingan proses manajemen keuangan, perluasan saluran distribusi, dan menghubungkan investee dengan jejaring yang memiliki keahlian berbisnis dan keahlian pendukung bisnis lainnya. Hello Motion dan Greeneration Indonesia adalah contoh investee Kinara Indonesia.

Selain impact investment, dana angel investment juga dapat disasar oleh social entrepreneur. Hal ini karena angel investor ingin membantu wirausaha pemula secara umum untuk mempercepat proses pertumbuhan skala usaha investee. Jadi, wirausaha sosial pemula juga dapat mengaksesnya.

Angel Investment Network Indonesia

Salah satu lembaga angel investor yang terdepan di Indonesia adalah ANGIN (Angel Investment Network Indonesia). ANGIN menyediakan dana dan pendampingan untuk wirausaha pemula.

Dana yang ditanamkan dapat dimanfaatkan oleh pemula untuk perluasan usaha, mendukung kegiatan operasional, dan membeli peralatan usaha. ANGIN dapat memfasilitasi pendanaan dari Rp 500 juta sampai dengan Rp 1,5 miliar berupa penanaman modal atau ekuitas sehingga tidak ada kewajiban bunga atau agunan. Adapun jangka waktu investasi antara 3-5 tahun.

Selain pendanaan, para wirausaha pemula juga mendapatkan mentoring dari para wirausaha senior yang sudah sukses di Indonesia. Dengan demikian, mereka memperoleh akses ke pengetahuan, pengalaman, dan jaringan dengan angel yang tergabung di dalam ANGIN.

Kegiatan ini juga menawarkan konsultasi dan jaringan yang sangat bermanfaat bagi wirausaha pemula. Salah satu social enterprise yang pernah menerima dana dari ANGIN adalah Wangsa Jelita yang memberdayakan petani untuk memproduksi produk-produk kecantikan natural.

Kedua lembaga tersebut memang mendukung pencapaian misi sosial usaha yang dimodali. Namun, secara umum masih mengharapkan deviden atau financial return tertentu, meski tidak sebesar investor modal ventura komersial pada umumnya. Hal ini lebih untuk mendidik investee memiliki pola pikir dan budaya kelola organisasi layaknya wirausaha yang berdaya saing tinggi.

Sekian info mengenai dukungan finansial dari impact dan angel investor, semoga post ini berguna untuk kalian. Kami berharap post ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *